Gambaran Motivasi Bekerja Perawat Dalam Masa Pandemi Coronavirus Disease

Hasil survei menunjukkan sebanyak 55% pekerja bebas pertanian dan non-pertanian tidak ada pekerjaan, dan 38% order berkurang. Dilihat dari pendapatan, sebanyak 58% pekerja bebas tidak memiliki pendapatan selama masa pandemi Covid 19 dan 28% pendapatan berkurang sampai 30%. Dirinya menjelaskan, dari sisi pengusaha, pandemi Covid 19 menyebabkan terhentinya kegiatan usaha dan rendahnya kemampuan bertahan pengusaha. “Hasil survei mencatat 39,4 persen usaha terhenti, dan fifty seven,1 persen usaha mengalami penurunan produksi. Kemampuan bertahan oleh di kalangan dunia usaha juga mengalami keterbatasan. Sebanyak 24% pengusaha mampu bertahan selama 3-6 bulan, 11% mampu bertahan selama 6-12 bulan ke depan, dan 24% mampu bertahan lebih dari 12 bulan.

Atau, situasi sebaliknya, seorang karyawan harus mengurus anaknya sekolah daring saat jam kerja, dan mengurangi kesempatan untuk berperilaku profesional saat bekerja dari rumah. Baroroh juga memastikan bahwa kantornya benar-benar sepi dan dilengkapi dengan perlengkapan pencegahan Covid-19. Keluarga juga mengambil alih aktivitas yang sebelumnya dikerjakan Baroroh, termasuk menjaga toko kelontong di depan rumahnya. Meski termasuk kelompok rentan, ibu hamil tetap bisa bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan menjaga imunitas tubuh. Pandemi COVID-19 yang menghantam Indonesia selama tiga bulan terakhir tidak dipungkiri membawa pengaruh yang signifikan terhadap sektor perekonomian. Pemberlakuan PSBB secara langsung ataupun tidak, telah berdampak pada sektor industri yang harus mengurangi biaya produksi dengan menutup pabrik, merumahkan karyawan, hingga melakukan PHK, sebagai upaya rasional dalam merespons penurunan jumlah permintaan dan pendapatan.

Indonesia yang selama dua bulan terakhir mengklaim bebas virus corona juga tidak luput dari kedatangan pandemi ini. Selama ini, aktivitas kamu di pagi hari dimulai dengan bangun, lalu tergesa-gesa menyiapkan diri sendiri dan pasangan sebelum bekerja, menyiapkan anak-anak ke sebelum berangkat ke sekolah, baru kemudian berangkat ke kantor. Sepulang kantor, boleh jadi kamu juga jarang memiliki high quality time bersama anak dan keluarga. Selama PSBB berlangsung, seluruh penduduk DKI Jakarta dipastikan dapat memenuhi hak dan kewajiban serta pemenuhan kebutuhan dasarnya masing-masing. Hal ini termasuk memperoleh pelayanan dari Pemprov DKI Jakarta, mendapatkan pelayanan kesehatan dasar yang sesuai kebutuhan medis, bahkan pelayanan pemulasaraan dan pemakaman jenazah positif dan terduga COVID-19.

Bekerja dalam masa Covid

Saat kita tiba di lingkungan tempat kita bekerja, sebelum memasuki ruangan biasakan cuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir. Kita juga harus membiasakan rutin cuci tangan atau menggunakan handsanitizer disela-sela aktifitas, misalkan usai bertemu dengan relasi, usai menerima uang tunai dan lainnya. “Pemerintah dalam memberikan izin penggunaan TKA tetap memperhatikan penggunaan tenaga kerja lokal,” pungkasnya. Ketentuan ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor M/3/HK.04/II/2021 tentang Pelayanan Penggunaan TKA dalam Upaya Pencegahan masuknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Tinggalkan masker kesehatan atau masker N-95 untuk para pejuang medis di garda terdepan, karena masker kain berlapis 3 pun sudah cukup untuk melindungi diri kita dari virus korona. Sedangkan untuk pernikahan, khitan, dan pemakaman atau takziah kematian yang bukan karena COVID-19 tidak dilarang namun dibatasi. Bagi pasangan yang mau menikah, maka hanya boleh dilangsungkan di Kantor Urusan Agama dan tanpa resepsi. Untuk kegiatan khitan hanya dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan tanpa perayaan. Semua kegiatan sosial dan budaya tidak diperbolehkan oleh pihak berwenang.

Periode inkubasi virus corona, yaitu masa virus masuk ke tubuh dan mulai menimbulkan gejala, berkisar antara 1-14 hari. Penderita umumnya mulai mengalami gejala dalam masa sekitar 4- 6 hari sejak terjangkit. Jangan lupa juga untuk menjalankan protokol kesehatan lainnya, seperti jaga jarak aman dan tidak berkerumun, sekaligus mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat kembali beraktivitas di luar rumah. Penerapan new regular di berbagai daerah membuat banyak perusahaan dan tempat-tempat umum kembali beroperasi. Cegah diri Anda dari virus corona saat kembali bekerja di kantor dengan mempersiapkan barang-barang ini.