5 Ideas Sukses Investasi Saham

Sebaiknya beli saham perusahaan yang sudah mapan dan potensial atau populer dengan sebutan saham bluechip. Untunglah saat ini proses pembelian saham semakin dimudahkan melalui online trading dan cellular trading. Hal ini membuat Anda bisa membeli saham dengan menggunakan dana yang relatif lebih terjangkau. Menurut Nicky, harga saham sebenarnya tak tepat disebut mahal dan murah, tapi lebih tepat harga saham tinggi dan rendah. “Tapi harus diingat, yang jadi patokan bukan jumlah lembar saham tapi nilai investasi kita. Saham bagus memang lebih tinggi karena nilai perusahaanya lebih tinggi,” jelasnya.

Sangat berisiko namun jika berhasil maka reksadana akan menghasilkan keuntungan yang tinggi dan juga mengaggumkan. Tentunya meskipun menghasilkan dalam jumlah sedikit atau banyak, anda sebagai pemula haruslah berhati-hati dalam mengambil keputusan dan melakukan reksadana agar tidak merugi. Menanamkan seluruh dana pada satu saham berisiko rugi besar, dibandingkan jika membagi dana untuk membeli 2 atau 3 jenis saham.

Di period digital seperti ini, beberapa perusahaan sekuritas sudah memfasilitasi para investor untuk bertansaksi secara on-line di berbagai jenis gadget. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunjungi kantor sekuritas maupun gedung BEI. Apalagi di tengah pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah. Untuk itu, mari simak apa itu saham dan bagaimana cara terjun ke dunia investasi saham sebagai pemula.

Kendati begitu, investor juga diimbau untuk tidak terlalu sering mengecek fluktuasi harga saham. Hal ini diingatkan agar tidak mengganggu aktivitas pokok inbestor sekaligus menjaga psikologinya, karena harga saham mampu menguras pikiran. Tetap berinvestasi, tapi juga harus tetap sehat jiwa dan raganya.

Tapi apa iya keuntungan yang kamu dapat bisa memuaskan jika hanya berinvestasi dengan nilai terlalu kecil. Kalau ingin mendapatkan keuntungan yang lumayan, minimal ‘layak’ artinya kamu harus membeli saham dengan harga yang lebih mahal lagi. Ada beberapa saham yang hanya dijual dengan harga Rp50 perak per lembarnya lho!

Terdapat dua cara untuk mulai menganalisi sebuah perusahaan, yaitu analisis elementary dan analisis teknikal. Banyak investor pemula yang ingin meraup imbal hasil besar lewat investasi saham dengan iming-iming keuntungan tinggi. Saat orang lain takut, Anda harus serakah dan saat investor ceme online lain serakah, Anda justru harus waspada. Implikasinya adalah jika nilai saham ini turun, biasanya investor justu membelinya dengan keyakinan yang sama bahwa nilainya akan kembali naik. Pelajaran yang bisa dipetik adalah jangan buru-buru menjual saham kategori ini bila nilainya sedang turun.